Selasa, 03 Mei 2011

Jangan Kayak Temen Gue Yah!


Postingan ini sengaja gua publish buat ngobatin rasa penasaran loe yang udah baca postingan gua sebelumnya yang berjudul :

Jangan Jadi EDAN Bagian I
Jangan Jadi EDAN Bagian II

            Lho.. cerita yang mana tuh, koq gua belum pernah baca! Hah…. Whats! Loe belum baca! Kalau emang belum, monggo baca aja dulu kisah itu, sebelum nerusin baca yang ini. Karena kalau nggak, loe bakalan kayak anak usia SD yang disekolahin di Harvard… (Wuiss bahasanya keren banget yah). Sok, buat bacanya Klik Aja Disini buat bagian I dan Klik Disini buat bagian II.

            Langsung aja! Sebab kenapa temen gua jadi banyak masalah, yaitu :

1.      Dia baru tahu kulit luarnya Internet

      Banyak yang ngomong Internet itu belantara tiada tara…. Yah itu memang benar! Jika loe nemuin ada orang yang ngomong udah ngerti semua seluk-beluk internet, maka jangan percayain dia, gua jamin, dia berarti orang yang sama sekali nggak tahu internet! Bisa jadi, dia adalah penipu yang sama yang telah nipu temen gue dan internet user yang lainnya, yang masih newbie.

      Dari luar, internet memang kayaknya sedap dipandang, indah dirasakan, dan nikmat. Namun, jika udah terjun ke dalamnya, banyak sekali duri dan tembok-tembok yang bisa membuat loe nggak bisa kemana-mana. Dan akhirnya semua bekal yang loe bawa sebelum beranjak masuk internet habis, ludes, jadi rebutan orang-orang yang tersesat di belantara internet.

      Simplenya gini, ada orang yang lebih dulu nyaho internet (sorry gua agak kasar ngomongnya, soalnya gua agak kesal sama orang kayak gini) Lalu dia lihat banyak orang yang belum tahu internet, kemudian dia susun deh strategi buat nipu para newbie, menguras semua uangnya, dengan penawaran bahwa lewat internet bisa cepat kaya, dengan usaha mudah, murah dan cepat.

      Sebenarnya dia juga nggak begitu faham tentang bisnis internet yang sesungguhnya, cuman yang dia tau adalah dia bisa nipu banyak orang lewat ide busuknya. Mulai deh, ada beberapa lalat nemplok di jaringnya. Lalat itu baru sadar kalo mereka ditipu saat udah terjebak di jaring. Di jaring itu ada informasi yang memang disiapin ama si tukang tipu. Bunyinya gini “Loe bisa kabur dan punya banyak uang jika loe bisa ngerayu dan ngejebak lalat-lalat lainnya kesini lebih banyak”. Mulai deh, lalat yang nggak mau rugi sendiri niru taktik busuk yang disiapin sama penipu awal. Sehingga udah banyak tuh lalat-lalat yang kejebak di jaring si penipu. Lalu, tipu lebih banyak lagi, tipu lagi dan akhirnya internet di Indonesia saat ini kesannya cuman jadi tempat buat tipu-menipu and jebak-menjebak.

      Lha inilah, kesalahan pertama teman gua. Yaitu, mau-maunya kejebak and ketipu lalat lainnya. Tapi, temen gua nggak niru lalat yang lain, dia nggak mau keluar dari jaring dengan menipu orang lain. Dia berusaha sendiri buat keluar dari sana dengan usahanya sendiri. Dan saat ini dia lagi nyiapin diri buat muncul, and ngasih tau para newbie khususnya dan internet user pada umumnya, kalo bisnis di internet itu NGGAK INSTANT, NGGAK MUDAH, NGGAK MURAH, dan NGGAK-NGGAK LAINNYA YANG MENURUT LOGIKA NGGAK MASUK DI AKAL.

2.      Dia Nggak Punya Nakhkoda

      Wewww… bahasanya…! Tunggu, loe jangan protes dulu. Memang gue sengaja nyebutin kata nakhkoda, karena terjun ke internet itu kayak berlayar di samudera. Banyak banget arus dan gelombang yang bisa mengombang-ambing kapal loe saat berlayar.
     
      Arus dan gelombang itu adalah informasi yang available atau tersedia di internet. Banyaknya informasi yang ada membuat loe nggak fokus, kadang loe kebawa kesana, kadang loe kebawa kesitu. Nah, salahnya temen gue, dia nggak bawa nakhkoda saat berlayar.

      Nakhkoda yang gua maksud adalah Guru, Pembimbing, Mentor atau apapun loe biasa menyebutnya. Dengan adanya dia, loe jadi tahu loe harus ngapain, tindakan apa yang harus loe lakukan waktu gelombang menghantam dari arah kiri, dll.

      Saat ini juga, temen gua lagi nyiapin sesuatu yang gua harap bisa bermanfaat buat kita semua. Yakni dia lagi nyiapin ilmu, atau berguru ke gunung, nyari pendekar sakti yang bisa ngajarin dia ilmu berlayar di internet, yang rencananya mau dia bagiin buat kita, biar kita nggak perlu ngalamin apa yang dia alamin.

3.      Jadi EDAN

      Inilah yang menurut feeling gua adalah a biggest mistakes yang pernah diperbuat ama temen gue, yaitu jadi EDAN. Dia ikut-ikutan karena diajak sama temen deketnya sendiri (yang pastinya bukan gue) buat ngikutin sebuah program, acara atau sistem.

      Sebenarnya dia nggak terlalu percaya kalau kata temennya itu bakalan berhasil. Tapi! Karena dia yakin sama temennya, yang nggak mungkin ngehianatin dan nipu dia, jadi dia korbanin tuh semua waktunya, semua uangnya, bahkan dia tinggalin kerjaannya dan beralih menjadi Full Time Internet Marketer.

Ternyata, temennya itu nggak begitu faham mengenai dunia internet. Jadi, perjalanan temen gua nggak sampai tujuan, dia tersesat dan nggak tahu apa yang harus dilakuinnya. Mau ngelanjutin, dia nggak tahu apa-apa, mau pulang dia nggak punya apa-apa.

Jadi, dia gua sebut EDAN karena, dia udah nggak nganggap lagi logikanya, yang sebenarnya adalah pemberian Tuhan, yang membuat kita sebagai manusia lebih mulia daripada makhluk yang lainnya. Dia juga udah nggak ngedengerin kata nuraninya, karena terlalu disibukkan dengan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar