Sabtu, 14 Mei 2011

Wajar 9 Tahun Nggak Merata

Jumpe lagi nich ama gue! Oh iya, waktu gue nulis postingan ini waktu gue transit di Pontianak. Beberapa hari ini gue nginep di rumahnya Pak Haji, orangnya ramah and baek, sambil nunggu passport dibuatin gue sempet jalan-jalan disini bareng temen yang gue temuin disini.

Gue keliling di kawasan UNTAN (Universitas Tanjungpura), sepanjang jalan sob, yang namanya hawa sejuk, jalan bersih, suara alam yang indah begitu gue rasain, beda banget ama tempat tinggal gue yang jauuuuh berbeda ama di tempat ini, kalau di tempat gue cuman terdengar ngang-ngeng-ngong suara motor, disini lebih banyak suara merdu burung-burung, kalau di tempat gue lebih banyak kedengaran gemuruh suara mesin pabrik dan kepulan asap batu bara, disini kebanyakan terdengar suara semilir angin, suara aliran sungai ama kepulan kabut di pagi harinya.

 Coba loe hening sejenak, dan lihat keadaan lingkungan sekitar loe saat ini, apa masih alami ato udah tergerus efek pembangunan yang kebanyakan dimonopoli oleh pengusaha dan investor. Kalo ternyata masih alami dan asri, loe patut bersyukur karena loe masih bisa nikmatin anugrah Tuhan dari Alam ini. Mengheningkan cipta... Mulai....!

Oh, iya! Gue lupa ngomong tentang temen yang jalan bareng ama gue. Temen gue itu, rencananya mau jadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) ke Malaysia, jadi General Workers. Kita sempet jajan makanan and menepi dulu buat membungkam perut kami yang dari tadi nggak berhenti main musik (keroncongan). Habis makan, temen gue langsung melemparkan bungkus plastik dari makanan yang kita makan.

            “Bodoh loe!!!” gue bilang
            “Maksudnya apa kamu ngatain saya bodoh” jawab temen gue sedikit marah.
       “Tuh, baca......!” kata gue sambil nunjuk papan tulisan di seberang tempat duduk kami. Papan itu bertuliskan “HANYA ORANG BODOH YANG BUANG SAMPAH DISINI.”
            “Bacaannya apa, nggak keliatan”
            “Masa tulisan segede gitu nggak kebaca ama loe?”

            Dengan pandangan tajam ke arah tulisan, temen gue mulai ngebaca tulisan tersebut, tapi keliatannya dia nggak tahu apa yang dibaca. Gue pikir temen gue itu rabunnya parah sekali, jadi gue ajak dia nyebrang biar bisa baca tulisannya lebih deket.
            Tepat di depan papan tulisan, gue suruh lagi dia buat ngebaca tulisan tersebut. Tapi, tetep aja dia keliatannya susah buat ngebacanya. Gue tunggu dan tunggu dengan sabar, sambil menggerutu dalam hati, “Nih orang matanya parah banget.”
            Nggak lama kemudian, dari mulutnya keluar suara, pelan tapi jelas terdengar,
           
            “Eh... a... ha.... n....y...a  ....ya” Gitu suaranya, kayak anak sd yang lagi belajar mengeja.
            Gue langsung nepuk pundak temen gue and ngomong, “Loe nggak bisa baca yah?”
            “Iya!”  jawab temen gue sedikit malu
            “Kenapa loe nggak bilang?”
            “Malu... udah gede nggak bisa baca”
            “Loe nggak usah malu, nanti loe gue ajarin baca sampe lancar... Mau?”
            “Oh, iya... mau sekalli. Saya berterima kasih sekali..”

            Gue bertekad dalam hati, selama gue masih disini and ada kesempatan ngajarin dia, maka akan gue lakuin. Cuman, dalam hati gue.... pemerintah khan udah pernah ngegalakkin program “WAJAR 9 TAHUN”, kenapa masih bisa ada orang kayak temen gue yang udah segede ini nggak bisa baca!
            Yah, gue ngingetin aja nih ama pemerintah and seluruh jajarannya dari pusat ampe  bawah (RT/RW), buat ngejalankan program-programnya yang baik dan bermanfaat untuk dilakuin sepenuh hati. Jangan hanya program-program yang menguntungkan aja yang loe-loe pade prioritaskan (maksudnya nguntungin kantong sendiri).
            Trus ke semua orang tua, jangan tahu enaknya aja.... bikin anak sampe keringatan, eh... pas udah gede nggak loe berikan ilmu dan pendidikan yang layak buat mereka, inget donk... gimana pun juga anak-anak loe itu adalah amanat dari Tuhan yang dititipin ama loe buat loe didik dan bimbing, hingga jadi orang yang berguna dunia dan akhirat.
            Aduh, gue pikir postingan ini gue cukupin dulu yah.... Nanti gue lanjut lagi dah ama postingan yang lebih seru lagi. Bye!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar